Seputar Blogging, Bisnis Online, Teknologi dan Informasi Terkini

Sunday, May 7, 2017

Bingung Soal Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot Dan Tetap Awet? Begini Langkah Mudahnya

Pernahkah laptop anda mengalami lemot, booting lama atau tiba-tiba hank? Sebenarnya ada banyak Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot Dan Tetap Awet. Namun tahukah bahwa kenapa kebanyakan orang sekarang berpindah menggunakan laptop?

Tentu saja alasanya karena laptop merupakan perangkat mobile yang mudah dibawa kemana-mana sehingga dapat menggantikan peran sebuah komputer. Dengan ukuran relatif kecil dan ringan memiliki berat sekitar 1-6 kg tergantung spesifikasi maupun bahanya. Pun sumber dayanya sudah memakai baterai sehingga dapat dibawa kemana-mana (dengan sistem isi ulang). Jika dirata-rata, ketahanan laptop mampu mencapai 1-6 jam tapi tetap saja ada pengaruh dari ukuran baterai maupun cara pemakaian sehari-hari. 
 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot
Lantas, kok bisa sebuah laptop tiba-tiba lemot? Mungkin sebagian orang tidak tahu jika laptop tersusun dari komponen-komponen kecil nan rumit beda dengan komputer. Oleh karena itu beberapa kesalahan sering dilakukan oleh para pengguna padahal hal tersebut harusnya dapat dihindari demi mengatasi laptop agar tidak lemot.

Tak hanya itu saja, ternyata merawat laptop itu susah-susah gampang apalagi penggunanya dari kalangan mahasiswa, sudah hampir pasti akan selalu dibawa kemana-mana buat ngerjain tugas, buat cari materi dan sebagainya. Namun, sangat disayangkan mereka tak menyadari perilaku buruk yang bisa memperlambat (lemot), merusak kondisi laptop bahkan sampai baterai bertanda "SILANG". Tahu kan artinya? Nah, sebelum terlambat yang membuat anda kecewa, yuk ikutin tips berikut. 

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot Dan Tetap Awet

1. Lindungi dari air dan benda tumpul
Ketika sedang bepergian jauh apalagi saat membawa laptop tentu anda harus menjaga safety barang tersebut supaya tidak mudah terbentur maupun terkena air ketika hujan. 
Jadi jangan sampai mengabaikan tips ini agar laptop tidak mati secara mendadak. Pun jauh lebih baik jika menggunakan tas khusus. 

2. Hindari makan dekat laptop
Usahakan jangan makan atau minum di dekat laptop karena kadang anda tanpa sengaja menumpahkan makanan tersebut sehingga mengenai komponen-komponen laptop. Akhirnya kerusakan pun tak terelakkan dan tentu butuh biaya besar untuk memperbaikinya kembali.

3. Jangan meletakkan laptop dibawah benda lain
Nah, ini yang seringkali dilakukan banyak orang tapi justru membuat laptop rentan akan masalah seperti casing tergores, lcd pecah atau bahkan lemot dan mati secara tiba-tiba. Oleh karena itu jangan sampai meletakkan laptop sembarangan apalagi bertumpuk dengan benda lain.

4. Pakailah dengan hati-hati
Laptop memiliki perangkat lebih ringan daripada komputer namun jika penggunaannya terlalu berlebihan maka bisa dipastikan akan mudah lemot serta rusak. Contohnya, menekan keyboard tidak aturan, 24 nonstop tanpa mati atau mungkin menutup lcd dengan kencang.  Jadi, untuk mengatasi laptop lemot pergunakanlah sewajarnya. 

5. Bersihkan komponen laptop
Rajin-rajinlah membersihkan laptop agar tidak gampang rusak seperti membuka bagian kipas mengelap layar maupun keyboard dan beberapa komponen yang terlihat. Ingat! matikan dahulu laptonya sebelum dibersihkan. 

6. Pakai charger secukupnya
Pernah mengalami charger laptop yang sering habis? Jika iya, maka anda kurang begitu memperhatikan teknis mengisi baterai laptop dengan baik dan benar. Bahwa saat mengecs dan sudah full 100% maka cabutlah segera charget hadir tersebut sedangkan untuk mengecasnya lagi pastikan baterai tinggal 20% ke bawah. Catatan, laptop yang sudah full lalu dicharge terus-menerus justru dapat memperpendek umur baterainya.

7. Gunakan kipas pendingin
Siapa bilang kipas pendingin tidak bermanfaat untuk laptop? Sebenarnya penggunaan kipas dingin sangat disarankan agar processor laptop tidak memanas sekaligus mengurangi kelemotan namun yang perlu diingat disini adalah pemilihan kipas pendingin haruslah disesuikan dengan kualitasnya. 

8. Jangan memakai laptop diatas tempat tidur
Anda suka bekerja atau bermain sosial media memakai laptop di atas tempat tidur? Ya hal ini sangatlah membahayakan jika terlalu sering dilakukan. Karena laptop akan langsung menempel di kasur sehingga pembuangan udara lewat kipas tidak normal sehingga terasa panas. 

Selain itu, juga dapat membuat debu masuk ke area kipas kemudian menempel dan membuatnya tidak berputar secara maksimal. Akibatnya lama-kelamaan kipas mati beresiko memperlambat kinerja processor laptop itu sendiri.
Baca artikel terkait Trik JADUL ternyata WORK? Cara Mematikan Komputer Otomatis Dengan Timer
9. Tambahkan stabilizer
Untuk menjaga kinerja laptop supaya maksimal dan tidak lemot maka anda bisa menambahkan stabilizer agar arus listrik yang masuk ke bagian komponen lebih stabil. Sehingga tidak mengganggu anda saat bekerja di depan laptop.  

10. Jangan lupa backup data penting
Ukuran hardisk laptop dan komputer jelas berbeda jauh. Oleh karena itu, backup lah data penting untuk mengantisipasi pada penyimpanan lain (google drive, dropbox dll) jika suatu ketika kinerja laptop menurun. Disisi lain, langkah ini juga dapat memperingan kinerja komponen laptop sehingga tidak gampang lemot. 

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

1. Installah driver secara lengkap
Kenapa penting? karena untuk mendukung keseluruhan, komponen, visual maupun tampilan laptop. Jadi pastikan driver terinstall dengan benar dan gunakan CD driver bawaan jangan yang lain. 

2. Gunakan spek yang memadai
Memilih laptop untuk menemani pekerjaan atau kegiatan sehari-hari sebenarnya ada triknya. Seperti menyesuaikan antara memori, hardisk dan processor. Terkadang banyak orang yang terlena dengan memori besar namun tidak didukung dengan processor tinggi dan akhirnya 1-2 tahun laptop mulai mudah lemot atau bahkan rusak.  

3. Jangan simpan data di drive C
Pasti pada tahu kan, drive C merupakan tempat khusus untuk sistem. Bagaimanapaun, agar laptop tidak lemot dan tetap awet usahakan menyimpan semua data pada drive lain (local disk D atau E). 

4. Hapus temporary berkala
Ketika menjalankan sebuah progam pada laptop di dalamya akan tersimpan temporary secara otomatis. Dan karena berkas tersebut tidak selalu terpakai seperti riwayat/history alangkah lebih baik anda dapat menghapus berkala. Penulis sendiri, biasanya menggunakan progam bernama CC clenaer untuk menghapus temporary tersebut.

5. Akhiri progam tak terpakai
Cara Mengatasi Laptop Agar Tetap Awet yang kelima adalah mengakhiri progam tak terpakai. Caranya, tekan tombol pada keyboard CTRL+Alt_Del maka akan muncul Task Manager. Disinilah anda bisa melihat aplikasi apa yang berjalan dengan memori besar namun jarang tersentuh. 
Untuk menghentikanya, langsung klik End Task atau End Procces kemudian rasakan perbedaan setelah itu. 

6. Uninstall progam tak penting
Menguninstall aplikasi yang tak penting pada laptop dapat membantu mengoptimalakan kinerja processor sekaligus menghindari kelemotan.Seperti double install photoshop, photoscape, beberapa corel dan sebagainya. Akan jauh lebih baik, anda cukup menggunakan 1 adobe photoshop, 1 corel dan 1 office saja. 

7. Disable starup aplication
Mungkin banyak orang yang belum tahu ketika menyalakan laptop pertama kali, ada beberapa progam berjalan otomatis. Nah, langkah untuk mematikanya silahkan ke menu start-klik progam- pilih starup. Nanti di folder Starup, anda akan berbagai progam berjalan otomatis dan tinggal pilih mana yang ingin di disable. 

8. Rajinlah menscan laptop
Terkadang anda tidak sadar lemot atau hank pada laptop diakibatkan oleh virus. Maka patut diperhatikan untuk lebih sering men-scan laptop menggunakan progam antivirus berkualitas agar virus dapat hilang secara permanen. Lantas apa saja pilihan antivirus terbaik, silahkan baca Ini Lho 11 Jenis Antivirus Terbaik Tahun 2017

9. Setting windows Defender
Tips berikutnya yakni men-setting disable pada windows defender. Merupakan antivirus bawaan microsoft yang memiliki fungsi sama seperti antivirus pada umumnya. 

Kenapa harus dinonaktifkan? Supaya anda dapat menginstall antivirus pihak ketiga di dalam laptop tanpa ada crash dengan windows defender. Caranya, klik start-klik setting (bisa juga menggunakan Windows+I)+ketika windows defender pada kotak pencarian+setelah ketemu matikan pilihan off pada real time protection. 

10. Install ulang
Inilah cara terakhir dan diyakini paling ampuh untuk menjaga laptop agar tetap awet dan tidak lemot. Lakukan install ulang sistem operasinya seperti window xp atau versi lebih tinggi. Tapi jangan lupa sebelumnya harus dilakukan back up data demi mengantisipasi file-file penting yang kemungkinan ikut hilang. 

Demikianlah ulasan detail mengenai Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot dan Tetap Awet. Semoga bisa bermanfaat dan segera dipraktekkan ya. Terima kasih. 

Bingung Soal Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot Dan Tetap Awet? Begini Langkah Mudahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mak lampir

0 komentar: