Saturday, January 21, 2017

Dapat Undangan Saluran BBM? Jangan Panik, Begini Penjelasanya

Belum lama ini, sebagian pengguna BBM merasa khawatir usai mendapat broadcast Undangan Saluran BBM entah dari siapa. Mereka pun diiming-imingi bebas kouta setelah mengikuti ajakan tersebut. Rupanya Direktur Vaksincom Alfons Tanujaya mengungkapakn jika aktivitas tersebut memanglah tidak mencuri data pengguna asalkan yang dikirim hanya berupa informasi. Tapi lain soal jika yang dikirim sejenis virus atau malware berbahaya. 

“Bisa mencuri data kalo yang dikirim adalah virus dan virusnya dijalankan oleh korban,” jelas Alfons seperti dikutip dari detikinet.com

Ia pun melanjutkan bahwa penyebaran spam saluran BBM dinilai cukup matang dan berhasil sehingga tiap pengguna apalagi yang gaptek secara sukarela mengikuti saluran tersebut. “Dalam beberapa jam setelah broadcast spam disebarkan, Saluran BBM mencapai 6 juta pengguna. Bayangkan jika mencapai 10 juta dan dipakai buat menyebar hate speech, hoax, penipuan, sara dan iklan porno. Dampaknya akan luar biasa,” imbuhnya.
Dapat Undangan Saluran BBM? Jangan Panik, Begini Penjelasanya
Disisi lain, menurut Luthiannoor Awwali Penggemar dunia IT dari Uniska TI Semester 7 menjelaskan bila saluran itu hanyalah spam iklan.“Jangan diklik, sudah 242 akun BBM yang kena spam itu. Otomatis menjadi broadcast atau menjadi status bila bergabung,” ujarnya

Sedangkan, Khairi Adha selaku pecinta dunia IT lainya asal Banjarmasin menuturkan, masyarakat tidak perlu resah atau khawatir karena broadcast saluran BBM yang selama ini merajalela hanyalah sejenis fanspage. 

“Menurut saya sih itu cara olshop biar dapat minat pelanggan. Bukan jenis cara hacker, soal BC kontak BBM dan data email akan otomatis ke-hack itu hoax, nggak akan kena hack. Itu hanya caraolshop aja dengan membuat nama “saluran BBM” nantinya berubah menjadi nama olshop atau apalah tergantung niat si pembuat saluran” ungkapnya. 
Baca artikel terkait Ini Lho 11 Jenis Antivirus Terbaik Tahun 2017
Jadi, kalo ada berita itu semua kerjaan hacker, dapat ngambil email pribadi, memanfaatkan data di BBM bahkan bisa menduplikasi secara langsung jangan percaya begitu saja. Bayangkan saja, bukankah hal demikian sepintas cukup konyol? Tapi demikianlah situasi "HOAX" dan akhirnya membuat masyarakat makin waswas. 

Tak perlu khawatir meskipun anda gaptek dan terlanjur menerima undangan tersebut. Begini step by step agar bisa keluar.

Cara Keluar Dari Undangan Saluran BBM

1. Pilih pojok kiri atas
2. Kemudian pilih saluran yang pernah anda ikuti baru-baru ini
3. Lihat pada gambar dibawah, jika sudah muncul optionya, tinggal tekan keluar "tinggalkan saluran"
Cara Keluar Dari Undangan Saluran BBM
4. Selamat anda sudah meninggalkan saluran yang tak penting

Penulis juga menelisik lebih jauh ke twitter BBM resmi dan pihak terkait ikut menuliskan peringatan supaya tidak mengikuti undangan itu"Bagi para pengguna BBM, harap tidak bergabung dan menyebarkan akun channel palsu C0035E285, seperti gambar di bawah ini. Terima kasih". 
Penjelasan Resmi Terkait Undangan Saluran BBM
Kesimpulanya, bila anda sampai sekarang masih menerima "Undangan Saluran BBM" sebaiknya langsung ditolak saja karena sudah sangat jelas bahwa hal tersebut bukan berasal dari pihak resmi melainkan penyebar yang memanfaatkan situasi dan kondisi entah untuk tujuan apa. Semoga informasi diatas dapat berguna, terima kasih.  
"Jangan telan mentah-mentah berita tanpa ada klarifikasi secara lengkap daripada anda ikut menyebarkan isu HOAX yang berpotensi memperburuk suasana"




Load comments