Seputar Blogging, Bisnis Online, Teknologi dan Informasi Terkini

Thursday, January 19, 2017

Ini Lho 11 Jenis Antivirus Terbaik Tahun 2017

Bicara soal Antivirus Terbaik, pasti anda sudah tidak asing lagi kan? Sejatinya antivirus ini sangatlah dibutuhkan untuk menangkal berbagai macam virus yang masuk ke dalam laptop maupun komputer anda. Bagaimana tidak, bila dibiarkan terus menerus tentu akan menganggu bahkan merusak jaringan hingga sistem pada perangkat tersebut.

Seperti peranan White Hat maupun Black Hat yang selalu melawan cyber, begitu pula antivirus juga membasmi seluruh virus supaya tidak menyebar kemana-mana. Nah, pertanyaanya sekarang ada banyak sekali macam-macam antivirus dan disini penulis akan membantu anda memperoleh pilihan terbaik berdasarkan referensi terbaru baik untuk tahun 2017, 2018 atau tahun selanjutnya. Apa sajakah itu? Mari simak ulasan selengkapnya.
Baca artikel terkait Teknologi Terbaru Mouse Terkeren di Dunia

11 Jenis Antivirus Terbaik Tahun Ini

1. BitDefender
Sebagai perangkat lunak dengan sistem keamanan cukup tinggi, BitDefender biasanya digunakan untuk banyak perangkat seperti Windows Mobile, Symbian OS, Microsoft Windows, freeBSD dan Mac OS X (beta). Bahkan sampai sekarang dunia telah mengakui jika anvitirus ini masih yang terbaik. 

Adapun kelebihanya, mampu memprotect file sangat kuat dari ancaman malware berbahaya dari luar maupun dalam negeri. Sistemnya juga teliti serta updatenya lebih mudah. Sedangkan kelemahan paling terlihat yakni cukup berat bila dipakai pada komputer-komputer dibawah dualcore 
BitDefender, Antivirus Terbaik Tahun ini
2. Avira
Tidak asing lagi, hampir seluruh orang kenal dengan antivirus bernama Avira. Meski tidak terlalu protektif tapi saat dijalankan di komputer atau laptop mampu bekerja secara maksimal. Sistemnya mampu merespon cepat bila ada malware, trojan dan jenis virus lain. 

Kelebihanya, memberikan update berkala sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika menemukan virus baru yang pastinya akan langsung dicurigai oleh Avira. Disisi lain, tentu ada beberapa kelemahan mendasar dan salah satunya memblokir keselurhan file berformat autorun.inf walau bukan dianggap virus. 
Avira Antivirus Terbaik
3. AVG
Antivirus ketiga merupakan produk unggulan dari AVG Technologies. Memiliki fitur lengkap perihal keamanan, jadi proteksi terhadap komputer atau laptop memang dinilai sangat handal dan canggih. Perbedaan mencolok daripada antivirus lain adalah Link Scanner yang dapat berfungsi sebagai peramban di browser Mozilla Firefox dan Internet Explorer.

Mengenai kelebihan, tak perlu ditanyakan lagi bahwa hadirnya Anti-Rootkit diyakini mampu menjamin sistem keamanan tertinggi. Adapun kelemahanya, sebagian besar virus tidak langsung terhapus melainkan hanya dikarantina disamping sering dinilai agak lambat saat proses pemindaian. 
AVG Antivirus Terbaik
4. Norton
Ya, antivirus ini sangat ringan dan bisa bekerja lebih cepat walau pada RAM 256MB. Umumnya dipakai untuk jenis windows 32 bit atau 64 bit. Sistem updatenya juga tak butuh waktu lama. Walau begitu, ada satu kelemahan yang dimiliki Norton yakni over protektive sekali terhadap semua jenis file asing entah malware, trojan, autorun dll. 
Norton Antivirus Terbaik
5. Kaspersky
Ada banyak sekali kelebihan dari antivirus Kaspersky terutama pada komponen Proactive Defense. Dibuat dengan tujuan khusus dalam mengalanisa progam apapun yang terinstall, tracking macros, monitor perubahan di system registry hingga mencegah terjadinya ancaman file-file tersembuyi. 

Tapi, anda jangan kaget sewaktu melakukan penginstallan pertama kali memang agak berat karena perlu scan critical object dahulu. Disamping itu, sistem scaning dan updatenya juga butuh waktu cukup lama. 
Kaspersky Antivirus Terbaik
6. McAfee
Tak kalah menarik dengan antivirus sebelumnya, MCafee diyakini sebagai Antivirus Terbaik karena punya sistem maupun fitur sangat lengkap. Apalagi fitur settingnya, berguna sekali untuk pengontrolan akses website tertentu. Bahkan ada yang mengatakan bila perlindunganya menyeluruh ke setiap sistem sekaligus menghindari gangguan hacker ketika ingin mencoba ambil alih komputer atau laptop anda.

Soal kelemahan, karena butuh ruang cukup besar maka akan terasa berat jika dijalankan pada komputer dibawah dualcore. Pun proses update juga terbilang lama. 
McAfee Antivirus Terbaik
7. Avast
Pengembangan antivirus Avast dimulai dari Praha, Republik Ceko oleh Alwil Software. Dengan tampilan sederhana, jangan dianggap remeh bahwa sistemnya bekerja sangat teliti demi memastikan komputer anda tidak termasuki oleh berbagai jenis virus. 

Dan karena terlalu teliti itulah  terdapat kelemahan mendasar yaitu proses scan butuh waktu agak lama disamping false alarmnya juga banyak. 
Avast Antivirus Terbaik
8. Microsoft Security Essential 
Mungkin antivirus kedelapan ini sedikit asing di telinga anda. Namun siapa sangka penggunanya cukup ringan, bisa didapat gratis bahkan tak perlu proses registrasi. Punya teknologi perlindungan spyware terbaru juga, jadi sistem keamanan berada di tingkat tertinggi. 

Satu kelemahan yang wajib anda tahu adalah proses update cukup lama sehingga perlu bersabar.
Microsoft Security Essential Antivirus Terbaik
9. Eset NOD32
Diproduksi oleh ESET, antivirus ini merupakan versi keempatnya. Jelas, sistemnya lebih gahar dan proaktif mendeteksi sekaligus menonaktifkan berbagai jenis virus trojan, adware, spyware, phising, worm serta rootkit. 

Tak hanya itu, sistem pemindaianya juga sangat canggih dengan kontrol akses ke media-media portabel. Menurut penulis, kelemahnya masih sama seperti antivirus lain yakni sistem update yang butuh waktu agak lama. 
Eset NOD32 Antivirus Terbaik
10. F-secure
Adalah progam antivirus terbaik perangkat lunak. Ya, karen F-secure bekerja efisien, efektif dan fast respon. Mengusung teknologi mutakhir beserta tambahan-tambahan fitur keamanan membuatnya semakin protektif terhadap virus trojan, worm dan spyware. 

Bahkan ada referensi yang mengatakan F-secure dapat menemukan sekaligus menghilangkan rootkit. Disisi lain, perlindunganya cukup menjanjikan dengan mencegah virus menyeba ke cookie, email atau penyususpan malware ke registry.  
F-secure Antivirus Terbaik
11. Smadav
Terakhir adalah Smadav. Antivirus lokal ini memang banyak digunakan oleh masyarakat lokal karena keunggulanya dalam menghidden virus shorcut maupun prose scan yang sangat cepat. Meski begitu, ada satu kelemahan mendasar dimana sistem updatenya bisa dibilang agak lama. 

Kemudian juga, tak mampu berperan sendiri di dalam komputer atau laptop dan artinya lebih bagus digunakan sebagai pelengkap antivirus utama.  
Smadav Antivirus Terbaik
Itulah 11 Jenis Antivirus Terbaik Tahun ini yang semoga menambah wawasan dan pilihan kepada anda untuk menggunakan salah satunya. Ingat! jangan sampai salah pilih antivirus ya. Lebih baik pergunakan satu






Ini Lho 11 Jenis Antivirus Terbaik Tahun 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deny Ir

0 komentar: