Sunday, July 6, 2014

Duduk Yang Terlalu Lama, Bahayakah?

Duduk Yang Terlalu Lama, Bahayakah? - Tahukah anda para pembaca setia biscer, tentang Bahaya Duduk Yang Terlalu Lama? Sebelumnya adakah diantara kalian ada yang pernah duduk begitu lama hingga 7-8 jam perhari. mungkin sebagai blogger atau websitter yang pada intinya bekerja di depan komputer maupun laptop sepanjang hari, sebaiknya perlu baca artikel yang satu ini.

Bahwa duduk terlalu lama bisa meningkatkan resiko gangguan kesehatan misalnya, diabetes, penyakit jantung bahakn sampai kanker. Bukanya untuk menakuti anda namun sebuah penelitian mengatakan bahwa dari 70 ribu kasus kanker terhubung dengan lamanya duduk dengan 24% peningkatan kanker usus, 21% resiko kanker paru dan 32% resiko kanker endometrium. Kini olahraga rutin sekalipun belum tentu mampu mengurangi efek dan resiko tersebut.

Duduk Yang Terlalu Lama, Bahayakah?
all4women.co.za

Bahaya Duduk Yang Terlalu Lama, ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:


1. Membuat berat badan naik drasti sehingga memicu timbulnya resiko penyakit
dengan duduk terus menerus diperkirakan hanya mampu membakar 1 kalori permenit maka hal ini akan menjadi penyebab resiko obesitas yang berlebihan untuk memicu datangnya kanker apalagi bila seseorang tersebut tak pernah berolahraga.

2. Membikin otot tidak aktif dan merusak sinyal biologis ke pusat otak
dikarenakan duduk yang terlalu lama mengakibatkan otot - otot jarang untuk digerakkan sehingga otot ini akan berhenti mengirim sinyal untuk membakar lemak yang dapat menggangu fungsi metabolik lainya. selain itu duduk selama berjam - jam akan menekan gen yang membantu kesehatan jantung, pada akhirnya gen tersebut tidak akan bekerja maksimal untuk jantung. dr. James Levine, Mayo Clinic mengungkapkan " duduk terlalu lama itu efeknya seperti rokok bahkan bagi pelari"

Lantas bagaimana mengatasi hal tersebut? untuk menangani Bahaya Duduk Yang Terlalu Lama cukup simple dan mudah yaitu intinya anda berdiri dan berjalan - jalan sebentar setidaknya 2x tiap jam agar otot - otot rangka tetap aktif. disamping itu juga anda bisa melakukan gerak - gerak kecil seperti meluangkan jalan - jalan kecil di tempat kerja, 
membikin tempat kerja yang nyaman atau bisa dengan membuat tempat meja komputer atau laptop lebih tinggi sehingga anda berdiri sambil bekerja, seperti gambar dibawah ini.
Duduk Yang Terlalu Lama, Bahayakah?
newsmaker.com.au
Menurut penelitian dr Levine meja kerja bertreadmill juga bisa meningkatkan produktivitas kerja dan jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih, tapi jangan kebanyakan, nanti kembung. Semoga artikel mengenai Duduk Yang Terlalu Lama, Bahayakah? dapat bermanfaat bagi anda para pembaca, baca juga kesehatan lainya Obat Tradisional Untuk Penyakit Jantung. Masihkan anda ingin berlama - lama untuk duduk? 

Load comments